14 September 2023

KELURAHAN PLAOSAN IKUT RAMAIKAN PEKAN LITERASI DAN KEARSIPAN TAHUN 2023 YANG DI GELAR DINAS ARPUS MAGETAN

KELURAHAN PLAOSAN IKUT RAMAIKAN PEKAN LITERASI DAN KEARSIPAN TAHUN 2023 YANG DI GELAR DINAS ARPUS MAGETAN
Minat baca masyarakat Indonesia terbilang sangat rendah, guna meningkatkan minat baca masyarakat, Pemkab Mageyan melalui liding sektor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Magetan menggadakan Pekan Literasi dan Kearsipan Tahun 2023. Kegiatan ini digelar selama empat hari sejak Kamis 14 September 2023 sampai Minggu 18 September 2023.
Berdasarkan data Unesco minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001 %. Hal itu berarti, hanya 1 dibanding 1.000 masyarakat Indonesia yang gemar membaca. Kabupaten Magetan juga masuk ke dalam kategori rendah, berkaitan dengan hal itu Dinas Arpus menggelar Pekan Literasi dan Kearsipan berkolaborasi dengan beberapa pihak. Acara ini merupakan salah satu upaya mengenalkan perpustakaan kepada masyarakat, sehingga diharapkan minat baca terus meningkat dan setidak-tidaknya masyarakat mengetahui lokasi perpustakaan daerah Cilacap.
Tidak ketinggalan dalam kesempatan ini Kelurahan Plaosan Kec Plaosan Magetan ikut memeriahkan Pekan Literasi dan Kearsipan ini dengan menampilkan foto jadul/lama yaitu foto peresmian Gedung Pertemuan Kelurahan Plaosa Bima Sakti, foto Perrtemuan Kegiatan TP PKK Kelurahan Plaosan dengan acara lomba masak Bulgur dan yang terakhir foto Resepsi Peringatan HUT RI ke 27 Tahun 1972 di Kelurahan Plaosan.
Acara pembukaan Pekan Literasi dan Kearsipan ini di buka langsung oleh Bupati Magetan Suprawoto dan hadir juga perwakilan dari Arsip Nasional.
" Kami mengapresiasi menyambut baik kegiatan di Dinas Arsip dan Perpustakaan yaitu dengan mengadakan Pekan Literasi dan Kearsipan, Ini memberi kesempatan luas pada masyarakat bagimana punya kecintaan untuk baca buku, harapannya minat baca masyarakat naik terus," ucapnya.
M. SUDIHARTO, S.SOS (LURAH PLAOSAN )    WENI SISWARINI, S.SOS (SEKRETARIS KELURAHAN)    JUWARI, SH (KASI PEMERINTAHAN, KETENTRAMAN DAN KETERTIBAN UMUM)    SLAMET SUHARTONO, ST (KASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT)    EKA EDI SUSILA (PENGADMINISTRASIAN UMUM)    SARJONO (PENGADMINISTRASIAN UMUM)    SONIRAH, SE (KASI KESEJAHTERAAN SOSIAL)